Minggu, 03 Februari 2013

MATERI BIOLOGI XI : JARINGAN OTOT

di 21.37


Arti definisi / pengertian Jaringan adalah sekumpulan sel yang memiliki bentuk, struktur dan fungsi yang sama. Jadi jaringan otot adalah sekumpulan sel-sel otot yang fungsinya menggerakkan organ-organ tubuh.

Kemampuan tersebut disebabkan karena jaringan otot mampu berkontraksi. Kontraksi otot dapat berlangsung karena molekul-molekul protein yang membangun sel otot dapat memanjang dan memendek.

Untuk menggerakkan anggota tubuh kita, diperlukan sistem otot. Otot merupakan alat gerak aktif yang mampu menggerakkan tulang, kulit dan rambut setelah mendapat rangsangan.
Jaringan otot terdiri dari:
1. Otot Polos
* Defenisi : jaringan otot yang mempunyai bentuk yang polos dan bergelondong.
* Fungsi : memberi gerakan di luar kehendak, misalnya gerakan zat sepanjang saluran pencernaan. Selain itu, berguna pula untuk mengontrol diameter pembuluh darah dan gerakan pupil mata.
* Struktur : bentuk serabut panjang(serabut serabut fibril) seperti kumparan, dengan ujung runcing, dengan inti berjumlah satu terletak dibagiann tengah sehingga bila diamati di bawah mikroskop tampak polos atau tidak bergaris-garis.
* Kontraksi : tidak menurut kehendak (invontary) atau diluar kendali sistem saraf pusat, gerakan lambat, ritmis dan tidak mudah lelah.
* Letak : organ-organ bagian dalam tubuh, seperti saluran pencernaan, kandung kemih, pembuluh nadi, dan pembuluh balik.
2. Otot Lurik (otot rangka)
* Defenisi : jaringan otot yang berlurik, dan melekat pada seluruh kerangka tubuh.
* Fungsi : untuk menggerakkan tulang dan melindungi kerangka dari benturan keras, juga sebagai alat gerak aktif karena dapat berkontraksi secara cepat dan kuat sehingga dapat menggerakkan tulang dan tubuh.
* Struktur : serabut panjang, berwarna/lurik dengan karena mempunyai serabut kontraktil yang memantulkan cahaya berselang-seling gelap (anisotrop) dan terang (isotrop). Sel atau serabut otot lurik berbentuk silindris atau serabut panjang. Setiap sel mempunyai banyak inti dan terletak di bagian tepi sarkoplasma.
* Kontraksi: menurut kehendak kita (dibawah kendali sistem syaraf pusat/voluntary), gerakan cepat, kuat, mudah lelah dan tidak beraturan
* Letak :  melekat di seluruh kerangka tubuh.
3. Otot Jantung (otot cardiac/miokardium)
* Defenisi : jaringan otot yang hanya terdapat pada jantung.
* Fungsi : memompa darah keluar jantung, memberi gerakan di luar kehendak, misalnya, saat kita masih tidur, jantung kita akan tetap bekerja.
* Struktur : berbentuk silindris atau serabut pendek, tersusun atas serabut lurik yang memiliki percabangan (duskus interkalaris),  yang saling berhubungan satu dengan lainnya. Setiap sel otot jantung mempunyai satu atau dua inti yang terletak di tengah sarkoplasma.
* Kontraksi: tidak menurut kehendak (involuntary), gerakan lambat, ritmis dan tidak mudah lelah * Letak : jantung.

0 komentar:

Poskan Komentar

 

It Girl Template by Ipietoon Blogger Template | Gift Idea