Minggu, 02 Desember 2012

Contoh Pidato 'Kecurangan berbuah koruptor'

di 21.56



ini, ni.., tugas aufa waktu masih keals X, jadi udaah lumayan lama juga, ya?
silahkan dibaca.. :-)
Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatu.
           
Yang saya hormati, bapak kepala beserta wakil kepala sekolah R SMA BI Negeri 3 Bukittingi,
Yang saya hormati, guru, karyawan tata usaha R SMA BI Negeri 3 Bukittinggi,
Dan seterusnya kepada kakak-kakak dan teman-teman yang seperjuangan dengan saya.
Terlebih dahulu, marilah kita bersama mengucapkan puji serta syukur kita kepada Allah swt, yang karena limpahan rahmat-Nya lah kita semua dapat berkumpul disekolah yang sama-sama kita cintai ini.
Salawat beriring salam, kita kirimkan untuk junjungan kita, nabi besar Muhammad saw, yang telah membawa kita kejaman seperti sekarang ini.
Pada kesempatan saya kali ini, saya akan membahas mengenai menghindari berbuat curang terutama bagi pelajar

Jika kita mendengar kata curang, tidak perlu jauh-jauh hingga pedagang-pedagang dipasar ataupun para koruptor, di kehidupan kita sehari-hari saja mungkin ada diantara kita yang tidak menyadari bahwa kita juga berlaku curang. Apalagi, bagi pelajar seperti kita.
Apakah itu ?. misalnya yang paling sering terjadi adalah mencontek .Jangankan menyontek kini lebih banyak  pelajar yang bekerjasama ataupun saling menyebar kunci jawaban yang dibuat sendiri ataupun yang didapat entah darimana. Terkadang mereka tidak menyadari apa yang mereka lakukan merupakan juga salah satu bentuk kecurangan. Parahnya lagi, ada juga yang sudah tahu mencontek itu adalah kecurangan, tapi menganggap hal itu hal yang wajar atau biasa saja terjadi dikalangan pelajar.
Tahukah teman-teman semua? Jika semua pelajar berpikiran seperti itu, kita semua akan terbiasa dengan berbuat curang, hingga kita dewasapun kita akan juga sudah terbiasa berbuat curang. Seperti contohnya korupsi, dapat kita lihat koruptor-koruptor merupakan orang-orang yang sudah terbiasa melakukan kecurangan sejak ia masih seusia pelajar seperti kita. Apakah teman-teman semua mau menjadi seorang koruptor? Saya yakin tidak ada yang mau. Maka dari itu marilah kita jauhi perbuatan curang semenjak kini.
Lalu, banyak pertanyaan muncul, bagaimana caranya agar terhindar dari berbuat curang ? maka yang harus kita lakukan misalnya untuk meniatkan dalam hati agar besar nanti akan menjadi pelurus bangsa yang baik, tentunya tergantung dari seberapa besar keinginan kita semua dalam berniat akan hal ini. Dan juga dapat kita bayangkan orang-orang yang berbuat jujur, yang berusaha dengan dirinya sendiri, jika mereka mendapatkan nilai yang tidak lebih tinggi dari kita, apakah kita puas dengan nilai yang bukan dari hasil usaha kita sendiri? Apakah kita tidak malu mendapatkan nilai yang tinggi hanya karena berbuat curang ?
Dan juga yang perlu kita kaji adalah kenapa ada pelajar yang berbuat curang dalam ujian ? jawaban yang paling tepat adalah karena ketidak siapan mereka untuk menghadapi ujian tersebut. Maka dari itu juga kita harus mempersiapkan diri sebaik-baiknya dan sesiap-siapnya.

Dari uraian diatas dapat kita simpulkan bahwa kecurangan juga banyak terjaddi di kehidupan sehari-hari kita. Dan maka dari itu marilah kita mengurangi tingkat kecurangan ini agar kita, para generasi muda dapat memimpin bangsa kita kedepannya dengan baik dan tidak adanya lagi kecurangan-kecurangan kedepannya.

Saya sangat berterimakasih atas perhatian yang telah diberikan, dan juga saya mohon maaf jika saya melakukan kesalahan baik dalam bentuk lisan maupun perbuatan.


Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatu.

2 komentar:

Anonim mengatakan...

makasih banyak infonya kakak :D
pas banget buat pidatoku besok :)
aku juga orang bukittinggi loh ;)

Rahmatul Aufa mengatakan...

:) sama sama..
Iya? Salam knal..

Poskan Komentar

 

It Girl Template by Ipietoon Blogger Template | Gift Idea